Kamis, 22 November 2012

Taman Pintar


Taman Pintar terletak di kawasan pusat Kota Yogyakarta, sebuah wahana wisata baru untuk anak-anak yakni Taman Pintar dibangun sebagai wahana ekpresi, apresiasi dan kreasi dalam suasana yang menyenangkan. Dengan moto mencerdaskan dan menyenangkan, taman yang mulai dibangun pada 2003 ini ingin menumbuhkembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, dan pemainan dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas.
Salah satu Gedung yang ada di Taman Pintar ,yakni gedung Oval yang memiliki beberapa zona yang di dalamnya terdapat zona pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan, zona pemaparan, sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu masuk, kita akan sampai di ruang depan, dimana terdapat layar TV di lantai di sayap kanan dan kiri ruangan yang menayangkan video penelitian tentang terbentuknya alam semesta, kehidupan pra sejarah, dll. Dari ruang depan itu nampak sebuah terowongan pendek yang ternyata adalah sebuah terowongan bawah air yang menembus Aquarium Air Tawar. Dari balik kaca yang memisahkan terowongan dengan aquarium, nampak aneka jenis ikan air tawar mulai dari lele, gurami, dsb berenang-renang dengan bebas.
Keluar dari terowongan, YogYES dikejutkan oleh sebuah patung dinosaurus besar yang meraung mengerikan. Ternyata patung itu adalah "sambutan" bagi kita yang akan segera memasuki Dome Area (area kubah). Sebuah ruangan berbentuk lingkaran yang besar dan tinggi segera nampak. Di pinggir ruangan ini ada beberapa stand yang memeragakan alat-alat iptek sederhana seperti Whimshurst Machine, Generator Van de Graft yang saya tekankan di sisni bahwa cara pemakaian permainan ini dengan berpasangan untuk mengayuh kayuhan sampai semua lampu yang mati menjadi hidup atau menyala terang dan di situ dibutuhkan tenaga untuk mengayuh dengan tenaga ekstra dan cepat saat menggayuh dan tak lupa kerjasama dengan pasangan kayuhan, Air track (rel udara), peta kenampakan alam Indonesia lengkap dengan lampu-lampu kecil warna-warni yang menandai letak gunung, sungai, danau, dsb, pemadam kebakaran otomatis, pendeteksi banjir, tempat wudhu otomatis yang langsung menyala begitu kita injak lantainya, dsb. Beberapa gambar dan diorama kehidupan pra sejarah juga terdapat di lantai ini.
Setelah itu ada jalan memutar naik ke lantai 2 dengan foto tokoh-tokoh dunia seperti Copernicus, Einstein, dsb serta poster planet-planet tata surya kita di sepanjang dindingnya. Lantai 2 gedung oval berisi alat peraga tentang alam semesta, bumi kita, simulator gempa, simulator dan detector tsunami, peraga listrik, teknologi konstruksi, zona telekomunikasi dan try science around the world. Selain Gedung Oval, masih ada lagi Gedung Kotak dll.
Secara keseluruhan, Taman Pintar ini cukup representatif dan cukup mendidik, sehingga layak menjadi salah satu alternatif tempat wisata keluarga dan anak-anak.

Definisi Teknologi Pendidikan???

Teknologi pendidikan dalam istilah bahasa Inggris disebut dengan “instructional technology” atau “Education technology”. Pendidikan semacam ini yang diutamakan ialah media komunikasi yang berkembang secara pesat sekali yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Alat-alat teknologi ini lazim disebut “hardware” antara lain berupa TV, radio, video, tape, computer, dan lain-lain. Selain dari itu pendidikan juga menggunakan teknologi yang disebut dengan “software” antara lain menganalisis dan mendesain urutanatau langkah-langkahbelajar berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dengan metode penyajian yang serasi dan penilaian keberhasilannya.
Ada beberapa pengertian mengenai teknologi pendidikan yaitu anata lain :
- Merupakan pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat Bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar siswa.
- Yaitu pemikiran yang sistematis dan kritis tentang pendidikan.
- Menurut Webster Dictionary mengatakan bahwa teknologi pendidikan yaitu sebagai pegangan atau pelaksanaan pendidikan secara sistematis, menurut system tertentu yang akan dijelaskan kemudian.

Mengapa di perlukan Teknologi Pendidikan?


1. Tuntutan Global
  •       Pendidikan Sepanjang Hayat
  •       Terbentuknya Masyarakat belajar dan berpengetahuan 
  •       Paradigma pendidikan alternatif
  •       Jaringan program dan kelembagaan
  •       Keselarasan dengan kemajuan zaman-termasukperdagangan bebas
  •       Pendayagunaan teknologi
2. Kondisi Obyektif Indonesia
  •       LUAS WILAYAH INDONESIA
  •          PERTUMBUHAN PENDUDUK
  •          PERSEBARAN PENDUDUK
  •          PERUBAHAN LINGKUNGAN
  •          MAKIN TERBATASNYA SUMBER TRADISIONAL
  •          KURANGNYA TENAGA AHLI & PROFESIONAL  
3. Perkembangan Kebutuhan
  •       PERLUASAN & PEMERATAAN KESEMPATAN PENDIDIKAN
  •          PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
  •          PENYEMPURNAAN SISTEM
  •          PARTISIPASI MASYARAKAT
  •          DESENTRALISASI PENGELOLAAN
  •          EFISIENSI PENYELENGGARAAN
  •          INTERAKSI DENGAN PEMBANGUNAN
4. Perkembangan Teknologi
  •        BERAGAMNYA TEKNOLOGI YANG  POTENSIAL
  •           TERSEDIANYA TEKNOLOGI YANG SEMAKIN CANGGIH
  •           POTENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG SANGAT BESAR
  •           BIAYA SATUAN RELATIF RENDAH DALAM JANGKA PANJANG
  •          TEKNOLOGI = CERMIN KEMAJUAN BUDAYA
5. Kondisi Pendidikan
  •        BERAGAMNYA TEKNOLOGI YANG  POTENSIAL
  •           TERSEDIANYA TEKNOLOGI YANG SEMAKIN CANGGIH
  •           POTENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG SANGAT BESAR
  •           BIAYA SATUAN RELATIF RENDAH DALAM JANGKA PANJANG
  •           TEKNOLOGI = CERMIN KEMAJUAN BUDAYA